Langsung ke konten utama

Tanggal Dan jam di Laptop bermasalah

 


Halo... ketemu lagi dengan saya, bagaimana kabar anda baik bukan?. Tentunya kabar baik bukan.

Kali ini kami akan menulis artikel untuk para pemula mengenai perangkat komputer atau laptop yang ikon kalender dan waktu selalu berubah-ubah. ketika sedang menyalakan baik itu laptop ataupun perangkat komputer

Kasus ini memang jarang sekali terjadi namun apa salahnya jika kami menulis artikel tentang ini yang bertujuan untuk memberi tutorial buat para pemula.Jika sahabat teknisi pernah menjumpai laptop atau perangkat komputer ikon tanggal dan waktu yang selalu tidak cocok dengan waktu saat sekarang.

Padahal anda sudah mencoba mencocokkan tetapi ketika laptop atau pc dimatikan dan dinyalakan lagi waktu dan tanggal berubah lagi,, bahkan selalu ada pesan eror pada windows.


Nah... ini sebenarnya adalah kasus sepele dan jangan panik lalu buru buru perangkat anda di instal ulang...Heeemm... jangan lakukan itu ya !

Karena itu hanya kerusakan ada pada c-mos bukan pada windows trus bagaimana cara mengatasinya? simak cara berikut ini :
Matikan dulu komputer atau laptop anda terlebih dahulu, kemudian lakukan pembongkaran dan lepas batrey c–mos pada tempatnya.

Bentuknya bundar dan biasanya ditempatkan
pada tatakan yang spesial untuk batrey bundar,,,dengan type CR2032 (3 vol). lihat pada skema gambar motherboad PC di atas tadi

Perhatikan pola penggantian batrey C-Mos kususnya pada perangakat komputer hendaknya melepaskan stok kontak arus listrik terlebih dahulu. setelah selesai pemasangan batrey baru dan langka berikutnya  adalah :

Menyalakan perangkat tersebut dan mencocokkan Kalender dan waktu sesuai dengan wilayah anda cara mencocokkan kalender dan waktu ini bisa dilakukan dengan cara manual maupun automatis

Jika anda mencocokkan secara otomatisl lakukan dengan cara sambung internet.
Berikut Caranya :
klik ikon kalender dan tanggal pada posisi kanan bawah taskbar. kemudiam klik change date and time setting. kemudian pilih internet time. tunggu proses beberapa saat sampai selesai sukses full.

Tindakan ini sangatlah penting buat komputer atau laptop anda yang di pergunakan untuk transaksi online seperti PAYMEN, PPOB, FASPEY dan pembayaran apa saja yang menggunakan fasilitas jaringan online.

Berikut ini cerita pengalaman saya tentang ketika cetak struk tagihan listrik yang hasilnya salah akibat change date and time.
saya lihat waktu dan tanggal pada komputer saya sudah benar sesuai dengan waktu sekarang tapi ternyata hasil cetakkan ada masalah dengan cetak struknya
Yaitu hasil cetakan keluar tidak sesuai dengan tanggal dan harinya, cetakan keluar dengan tanggal atau tahun kemarin. bukan pada hari ini yakni pada hari ketika sedang mencetak struk 

Nah setelah saya amati ternyata kesalahan ada pada mesin server online yang waktu dan tanggal tidak sama dengan tanggal dan waktu pada komputer.
jika ini terjadi pada anda lakukan seting date and time melalui jaringan internet sesuai dengan saran saya tadi di atas.

Demikianlah sahabat cerita tentang yang kami alami sekaligus cara menangani kasus tanggal dan waktu yang eror pada perangkat komputer dan laptop, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungi PLN Jika Ada Gangguan Listrik

Banyak pelanggan yang tidak mengetahui cara terbaru  menghubungi pln. Berikut ini kami akan share tentang cara baru untuk menghubungi pihak PLN melalui kontak telphon 123 jika telah terjadi gangguan pada listrik anda  Sebelum menghubungi pihak PLN melalui Pengaduan Teknik sebaiknya siapkan dahulu nomer id pelanggan anda atau yang disebut dengan IDPEL.

Cara Cek Sisa Pulsa Listrik

Berikut ini adalah cara cek sisa pulsa listrik pada pelanggan pln prabayar atau prepaid.  Untuk mengetahui sisa pulsa listrik ada kalahnya memang boleh di kata perlu untuk di ketahui juga ada kalahnya tidak di ketahui caranya juga tidak mengapa.  Tapi ketika listrik kita tiba tiba padam dan tidak di ketahui apa permasalahanya.